SAL satu alternatif....(bag. 1)


Dipicu satu niatan untuk selalu bisa berbagi dengan para pengunjung juga para pemerhati dunia pendidikan khususnya bagi anda para guru Profesional, maka mulai tulisan berikut ini saya akan secara kontinyu menghadirkan kembali beberapa alternatif  pola pendekatan pembelajaran yang cukup populer dan diyakini dapat membantu para guru mengaktifkan audiens mereka yaitu para siswa  aktif sesaat mengikuti "sajian" materi mereka.
Tidak dipungkiri, diantara rutinitas pembelajaran seorang guru kadang hadir keresahan sekaligus keinginan kita untuk selalu menjaga agar siswa kita aktif mengikuti materi pelajaran yang diberikan. Namun keinginan ini sering terkendala oleh satu realita dari kita sendiri para guru yang terjebak pada "rutinitas" cara penyampaian materi yang cenderung monoton.
SAL (Student Active Learning) hadir memberikan alternatif pendekatan baik kepada guru maupun siswa untuk dapat lebih aktif  "terlibat" dalam satu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan berbagai pola pendekatannya. SAL yang dalam alternatif pilihannya selalu fokus pada "Bagaimana agar siswa belajar" diyakini mampu menggerakkan siswa untuk aktif "tenggelam" dalam perputaran sajian materi yang disampaikan guru, yang pada akhir tujuan pembelajaran SAL itu sendiri diharapkan siswa mampu menyerap, memahami serta menguasai materi baik secara langsung maupun tidak langsung.
Di bawah ini salah satu tipe pertama dari SAL yang bisa anda cobakan :


1. CRITICAL INCIDENT ( Pengalaman.... Penting !)

Tipe SAL yang pertama ini ditujukan untuk melibatkan siswa sejak awal dengan melihat pengalaman siswa. Langkah-langkah yang dapat diambil adalah sebagai berikut :


a. Sampaikan pada siswa topik atau materi yang akan dipelajari dalam pertemuan ini
b. Beri kesempatan beberapa saat untuk siswa mengingat-ingat pengalaman mereka yang tidak terlupakan berkaitan dengan materi yang ada.
c. Tanyakan pengalaman apa yang menurut mereka tidak terlupakan .
d. Sampaikan materi pelajaran dengan mengaitkan pengalaman siswa ini dengan materi yang akan disampaikan.


Strategi ini dapat digunakan dengan maksimal pada mata pelajaran yang bersifat praktis. Sebagai contoh adalah dalam mata pelajaran Matematika dengan topik tentang Bangun Datar. Di sini pengajar dapat bertanya kepada siswa :
"Dari pengalaman belajar apa yang kalian ketahui tentang Bangun Datar ?"
Dari jawaban-jawaban yang muncul guru bisa memulai KBM dengan mengkaitkan pengalaman-pengalaman mereka dengan topik yang diajarkan.


Kalau kita perhatikan, pola pendekatan "CRITICAL INCIDENT " sangatlah sederhana, hanya membutuhkan sedikit kesabaran kita untuk "memberi ruang" kepada siswa dengan mendengarkan materi awal apa yang telah dipunyai oleh mereka, mudah bukan...... selamat mencoba dan tunggu Tipe SAL berikutnya....


Tulisan Lain....


1. SAL ... (bag. 2)
2. SAL ... (bag. 3)

Category: 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Komentar Anda di sini